REJUVENATING CENTRAL BANK VISUAL IDENTITY, STRENGTHENING IT'S COMMUNICATION

Client: Bank Indonesia Year: 2017

REJUVENATING THE VISUAL IDENTITY STANDARD IN ALL CHANNELS WHICH MORE REPRESENT BANK INDONESIA CREDIBILITY. BUILDING THE HOLISTIC VISUAL ELEMENT BEYOND A RIGID GUIDE OF BANK INDONESIA APPEARANCE SYSTEM.

Bank Indonesia bertindak sebagai bank sentral Indonesia yang bertanggung jawab menjaga stabilitas ekonomi nasional. Dalam berkomunikasi kepada publik, Bank Indonesia perlu tampil konsisten dan terpercaya. Identitas visual yang kuat adalah landasan fundamental yang mendukung positioning Bank Indonesia. Meningkatkan awareness publik dan menuju pada kepercayaan publik. Kami berkolaborasi meredefinisi dan meremajakan sistem visual Bank Indonesia. Mewujudkan tampilan representatif BI sebagai bank sentral yang mapan, tegas dan dinamis.

case
PRESENTING FIRM YET DYNAMIC OUTLOOK BY REAFFIRMING THE LIVED VALUES AS THE STARTING POINT

Bagi kami dan tim internal Bank Indonesia, identitas visual merupakan elemen kunci yang menunjang komunikasi publik BI sebagai bank sentral. Kami mengambil beberapa langkah strategis untuk meredefinisi brand identity yang tepat. Mengawali proses dengan riset dan evaluasi terhadap sistem yang sudah berjalan. Mengafirmasi nilai-nilai kunci yang dipegang teguh Bank Indonesia dan atribut pendukung yang mengokohkan citra yang hendak ditampilkan secara konsisten. Proses kami selanjutnya ditempuh dengan implementation planning. Kami percaya bahwa identitas visual adalah elemen krusial bagi Bank Indonesia sebagai bank sentral untuk mendukung komunikasi dan presentasi publik. Mengafirmasi positioning Bank Indonesia berdasarkan nilai dan misi yang dijalankan. Menerapkan strategi untuk memantapkan standar identitas visual Bank Indonesia; menjadi pedoman komunikasi publik bagi BI.

challenge
FACING THE CHALLENGE IS TO MEET THE BRAND PERCEPTION AND BRAND EXPRESSION.

Menyamakan persepsi atas brand expression Bank Indonesia lewat tampilan visualnya dengan brand perception yang diterima audiens. Kami mendesain komunikasi visual berlandaskan insight dan preferensi audiens. Berangkat dari riset persepsi dan pendekatan tren, kami dan tim internal membongkar persoalan bersama-sama, menemukan yang paling sesuai dengan core values yang dimiliki Bank Indonesia. Mengubah standar visual seutuhnya adalah pilihan tidak efektif untuk mencapai tujuan. Jalan tengah mutual yang diambil adalah menyesuaikan standar dengan pilihan dan preferensi kedekatan audiens dengan brand BI. Kami menyusun standar identitas dan performa visual BI dengan menghasilkan visual guideline yang sederhana, mudah dikenali, konsisten, dan digital-friendly.

insight
BRINGING THE MESSAGES OUT THROUGH A WELL-COLLABORATED PACKAGE OF VISUAL ACROSS ALL CHANNELS

Kerja kolaborasi kami berujung pada dihasilkannya standardisasi visual yang fleksibel-friendly. Tegas tetapi dinamis. Sebuah peremajaan standar tampilan visual yang mendukung secara utuh representasi BI di semua kanal komunikasi. Mengacu pada tujuan pengelolaan tampilan visual materi komunikasi publik. Menajamkan proses delivery pesan BI kepada publik. Padu dalam mendukung citra integritas dan kredibilitas Bank Indonesia, baik untuk tampil di depan stakeholders ataupun publik secara umum. Standar Identitas Visual menjamin peran Bank Indonesia untuk mengelola ekonomi negara.

"CURATING AN EFFECTIVE AND OPTIMAL VISUAL STANDARD. A VISUAL LOOK HAS TO BE VIVID AND STRONG TO FOSTER PUBLIC REPUTATION."