Gegap gempita tahun baru telah usai, kini saatnya kita bersiap merealisasikan resolusi bisnis. Sudah yakinkah Anda dengan checklist resolusi yang Anda tentukan? Apakah membangun brand untuk bisnis Anda sudah tercantum di dalamnya? Mari pertimbangkan sejenak bagaimana brand akan membawa keberuntungan bagi Anda tahun ini.


Pernahkah Anda berhadapan dengan momen ketika Anda bertanya, “Mengapa pelanggan saya tidak kembali lagi? Mengapa profit bisnis saya stagnan? Apa yang harus saya lakukan untuk memajukan bisnis saya?”


Seorang penggemar sepakbola dengan bangga mengenakan atribut klub ketika tim favoritnya berlaga. Demikian juga sebaiknya animo pelanggan terhadap produk dan layanan Anda. Hal tersebut bisa terbangun ketika pelanggan merasa menjadi bagian dari produk dan layanan Anda tersebut. Untuk itu, brand hadir menjadi ruang bagi Anda dan pelanggan untuk saling terhubung.


Setidaknya ada 5 alasan mengapa para pegiat bisnis perlu menjadikan brand sebagai resolusi bisnis terbaik di 2018 ini.


1. Brand adalah tentang pelanggan

Brand adalah tentang bagaimana pelanggan dapat mengartikulasikan dan mengalami bisnis, produk dan layanan Anda. Bisnis yang berorientasi pada penjualan dan keuntungan semata tanpa mampu menyentuh hidup pelanggan tentu bukanlah bisnis yang dapat dimenangkan. Maka, brand berperan dalam melibatkan pelanggan dalam kesehariannya.


2. Brand adalah tentang kehadiran bisnis Anda

‘Konsumen adalah raja’ adalah jargon yang tak asing lagi di telinga kita. Para pegiat bisnis memegang teguh prinsip itu guna menjaga kepuasan konsumen dan menjadikannya setia. Namun, brand mampu melampaui itu sebab ia menyentuh sisi manusiawi para pengguna produk dan jasa. Sekali brand menyatu dengan pengalaman personal, lalu muncul dalam perbincangan, maka ia telah hadir di hidup pelanggan.


3. Brand adalah tentang bagaimana bisnis Anda lekat di benak pelanggan

Ketika kita berpikir bahwa ‘Aqua’ merupakan asosiasi dari air mineral (merek apa saja), di saat itulah ‘Aqua’ mencapai puncak kejayaannya sebagai brand. Contoh serupa adalah keinginan membuat semangkok ‘Indomie’ ketika lapar menyerang tapi tidak mau repot. Tentu butuh waktu dan proses yang tidak singkat untuk membuat asosiasi air mineral-’Aqua’ dan kenyang tanpa repot-’Indomie’. Namun bisa dipastikan, dengan memiliki sebuah brand, produk dan jasa Anda terjamin dalam jangka panjang.


4. Brand adalah intangible asset (investasi pengelolaan brand).

Kebanggaan yang didapat dari menggunakan sebuah produk merupakan aset tak kasad mata; dan itu sangat berharga bagi pegiat bisnis. Mereka tidak segan membayar lebih, pun rela menabung demi mendapat produk terbaru. Keadaan demikian terwujud karena sebuah brand sudah menjadi bagian dari hidup konsumen.


5. Brand adalah masa depan bisnis Anda

Bisnis yang mampu bertahan dalam jangka panjang tidak selalu berproses secara mulus. ‘McDonald’s’, sebuah brand restoran cepat saji yang pernah tersandung kasus penyebab obesitas dapat menjadi pembelajaran. Saat itu, pihak manajemen meluncurkan menu salad sebagai respon atas kasus tersebut. Terlepas dari respon sigapnya, brand ‘McDonald’s’ yang sudah kuat di benak pelanggan membuatnya bertahan hingga hari ini. Artinya, brand adalah investasi masa depan yang mampu menjaga stabilitas bisnis Anda bahkan setelah dihantam krisis.


Sudah pasti kita akan sepakat dengan Maggie Robinson, salah satu ahli pemasaran, yang mengatakan bahwa bisnis saja tidak akan mampu membangun loyalitas pelanggan; bisnis tidak punya penggemar, dan tidak dapat menyediakan ruang percakapan serta menyentuh emosi pelanggan. Namun, brand mampu melakukan itu semua. Pastikan membangun brand menjadi resolusi terbaik bisnis Anda tahun ini!