Belum genap dua minggu kita mengarungi tahun baru, dan 2018 ini menjadi momen yang spesial bagi kita. Bagaimana tidak? Delapan belas tahun sudah milenium ketiga kita lalui. Sebagaimana usia seorang manusia, kurun waktu tersebut merupakan masa seseorang mulai beranjak dewasa. Kemampuan menetapkan pilihan dan mengambil tantangan menjadi ciri khas kedewasaan, selain kelihaian mengeksplorasi hal baru dan beradaptasi cepat. Perubahan drastis di berbagai bidang pada milenium ini mengajak kita menyesuaikan jaman lalu mengambil peluang berkembang.


Bidang bisnis tanah air pun tak kalah berkembangnya, terlebih di era digital sekarang. Berbagai start up dan industri kreatif melaju dengan pesat seiring pertumbuhan ekonomi yang membaik. Inovasi produk dan jasa yang sudah mapan, pun rupa-rupa produk dan jasa baru ramai berebut ruang loyalitas konsumen yang turut mendewasa.


Pertumbuhan bisnis menjadi gelora baru yang meningkatkan income dan benefits para pegiatnya. Namun di sisi lain, maraknya beragam produk dan jasa, baik hasil penyegaran dari yang sudah ada maupun yang benar-benar anyar, mengundang tantangan. Tiap pegiat bisnis harus memastikan diri stands out di pasar. Ketahanan bisnis tentunya menjadi dambaan.


Ketahanan bisnis mengandaikan stabilitas manajemen lingkungan bisnis, sosial, dan ekonomi, selain komitmen mencapai visi dan misinya. Kesiagaan menyambut kesempatan dan mengelola risiko juga menjadi pertanda sebuah bisnis yang mampu bertahan di tengah daya beli yang meningkat dan konsumen yang kian cerdas. Satu bekal yang cukup penting adalah reframing your business identity. Dengan kata lain, membangun sebuah brand.


Mengapa? Brand membuat sebuah produk menempel di benak calon konsumen. Lebih dari hanya sekadar iklan promo, brand yang bagus akan memberikan kesan tersendiri. Lalu pelan tapi pasti, ia menarik konsumen. Di antara sekian produk serupa, hanya yang memorable yang berpotensi dipilih konsumen. Selain itu, brand menunjukkan profesionalisme bisnis. Konsumen pasti memilih produk dan jasa yang kredibel dan profesional demi mendapat yang terbaik. Lalu yang terpenting, brand membesarkan bisnis. Pengelolaan brand yang tepat disertai evaluasi dan inovasi berkala akan menjaga nama sebuah bisnis lekat di benak konsumen, sehingga terjamin ketahanannya.


Di 2018 ini, seiring dengan perkembangan bisnis dan pasar yang semakin matang, adalah penting untuk mulai memikirkan pengelolaan brand sebagai bekal bertahan. Jadi, tunggu apa lagi? Turn your business into a brand now!